Friday, September 16, 2016

Memetik Empat Hal Positif dari Bermain Game

Rasanya, game sudah tidak asing lagi terdengar di telinga para anak – anak, remaja, ataupun orang dewasa. Dari orang – orang yang bermain game tersebut, ada yang sangat maniak, ada juga yang hanya bermain untuk mengisi waktu luang. Ada juga yang bermain game untuk mencari uang. Bila kita lihat banyak sekali latar belakang kenapa orang bermain game. Tapi, tak sedikit juga yang melarang untuk bermain game. Anggapan mereka adalah game tidak berguna dan hanya membuang – buang waktu. Padahal, ada banyak hal penting yang bisa kita ambil dari bermain game dengan kadar yang benar. Dalam artikel ini, saya akan menceritakan empat hal dari banyak manfaat bermain game. Simak dengan tenang ya, tapi jangan baper.

1. Teamwok yang terjalin dalam game akan meningkatkan rasa saling percaya

Genre game sangat banyak. Salah satunya permainan multiplayer dimana kita bisa bermain dengan teman kita. Tak sedikit juga game yang harus dimainkan oleh beberapa orang dan harus ada tim di dalamnya untuk mengalahkan musuh. Apa sih efeknya? Ya, bila kita sudah sering bermain tim bersama dengan teman kita, rasa percaya itu akan tumbuh dengan sendirinya. Kita akan percaya bahwa teman kita akan membantu kita saat kita dalam kesusahan. Kita ambil contoh saja saat bermain Counter Strike. Dua tim bertarung untuk mengalahkan semua musuhnya. Kita diharuskan menyusun strategi dengan teman kita. Kita harus tahu peran kita dan peran teman kita. Tanpa adanya rasa saling percaya yang tinggi, kita tidak akan pernah yakin akan memenangkan pertandingan tersebut. Semakin sering bermain maka semakin kuat ikatan dalam tim.
Mengapa itu penting? Dalam dunia nyata, kita tidak bisa bekerja sendiri. Di sekolah, kampus, maupun dunia kerja kita pasti akan terlibat dengan kerja sama kelompok. Bila kita sudah terbiasa dengan strategi memecahkan masalah dalam tim, maka akan mudah bagi kita untuk bekerja sama walaupun dengan anggota yang baru.

2. Pengalaman baru dalam pembelajaran

Game juga memiliki cabang yang memiliki genre strategi ataupun edukasi. Dalam hal ini kita bisa belajar banyak hal dari game. Kita bisa belajar sesuatu yang tidak diajarkan di sekolah. Seperti bahasa inggris yang lebih rumit, strategi bermain catur/kartu/perang, bermain pola, berorganisasi, mengelola uang, dan lain sebagainya. Hal – hal seperti itu tidak banyak diajarkan di sekolah namun hal tersebut banyak kita terapkan di dalam kehidupan nyata.
Game edukasi juga memungkinkan kita bermain sambil belajar. Kita bisa mendapatkan pengalaman belajar yang baru. Misalnya saja dengan game edukasi mengenai hewan – hewan, kita bisa menangkap hewan lalu mempelajarinya. Dengan ini pembelajaran bisa dikemas dengan lebih menarik dan lebih mudah dipahami.

3. Pencetak uang terbesar

Bagi kalian yang ingin mendalami pekerjaan di bidang game, jangan takut. Di dalam dunia hiburan, game adalah pencetak uang terbanyak. Bayangkan saja satu CD dihargai Rp 500.000 jika dibeli oleh 100 orang saja kita bisa mendapatkan Rp 500.000.000 padahal game dijual diberbagai belahan dunia. Keuntungan kita akan berkali-kali lipat. Belum lagi barang – barang yang bisa dibeli di dalam game itu sendiri. Kita juga bisa mendapatkan royalti dari merchandise yang dibuat. Tapi untuk mencapai itu sangatlah susah dan dibutuhkan kesabaran yang tinggi.

4. Hiburan sehari – hari

Para game developer membuat game dengan karakter yang lucu atau simple kadang untuk menarik customer. Mereka membuat game yang demikian tidak untuk diseriusi, tapi untuk sekedar menghilangkan lelah, menghilangkan stres, atau menghilangkan bosan. Memang jika kita sedang waktu luang, kenapa tidak melepas penat dengan bermain game – game casual. Kita bisa terhibur dan tertawa.

Cukup ini dahulu yang bisa saya sampaikan dalam artikel ini. Banyak sekali manfaat pada game. Hanya jangan berlebihan dalam memainkannya. Karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Peace! Keep Gaming!

No comments:

Post a Comment