Saturday, September 17, 2016

Apa yang Terjadi dengan Game di Masa Depan

Saya akan memprediksi game yang akan tercipta 10 – 20 tahun ke depan. Walaupu mungkin akan salah, tapi dengan teknologi yang saya ketahui mengenai game saat ini, saya akan memprediksi bagaimana hebatnya game masa depan.

Jika console masih ada, saya yakin dengan kekuatan rendering yang menakjubkan, game developer akan membuat sebuah game seperti nyata. Kita akan bermain game layaknya membuat film kita sendiri. Saat ini, objek tiga dimensi game sudah hampir seperti nyata. 10 tahun mendatang, kita tidak akan bisa membedakan game itu adalah animasi atau kenyataan. Karakter manusia yang kita mainkan, misalnya, akan terlihat seperti nyata. Akan terlihat tekstur kulit, rambut, pakaian, atau efek efek serangan.

Jika tekstur yang nyata masih belum cukup, game pasti akan berkembang di bidang AR dan VR. AR dan VR akan menjadi teknologi yang sudah stabil untuk dipakai dimana saja. Game akan benar – benar menyatukan dunia nyata kita dengan dunia fantasi. Mungkin kita hanya tinggal memakai kacamata sederhana (tidak seperti perangkat VR saat ini), kita sudah bisa melihat monster – monster di ruangan kita. Jika tangan kita menggenggam layaknya memegang pedang, akan muncul juga pedang ditangan kita. Tentu saja orang yang tidak memakai perangkat AR VR tidak akan bisa melihat animasi – animasi yang kita lihat melalui kacamata tersebut.

Game developer pastinya akan memberikan gameplay – gameplay yang belum pernah ada sebelumnya. Mereka juga akan membuat UI yang lebih menarik dan keren untuk digunakan. Misalnya saja, UI gesture untuk membuka inventori, atau dengan pikiran kita bisa menggerakkan karakter kita. Bisa juga perpaduan antara itu semua. Cloud system yang sudah berkembang pun, pasti akan memungkinkan kita bermain dimana saja. Tanpa harus repot membawa perangkat penyimpanan yang besar.

Semua itu hanyalah prediksi semata. Mungkin saja kita bisa menjelajah angkasa hanya untuk bermain permainan menembak alien. Atau menyelam lautan untuk berburu monster laut. Tidak ada yang tahu, yang jelas pasti game akan semakin keren untuk dimainkan. Keep Gaming!

No comments:

Post a Comment